Cek PENIPU jualan online.

Posted on
Cara cek online shop Melansir akun Instagram Indonesia Baik, sebelum berbelanja online sebaiknya masyarakat melakukan pengecekan dulu terhadap toko yang dituju. Cara pertama adalah cek verifikasi akun dengan melihat testimoni konsumen di kolom komentar. Jika di sana tertulis banyak sekali keluhan, baik soal kondisi barang atau pengiriman, maka carilah toko lain yang lebih meyakinkan.  Online shop abal-abal alias toko yang melakukan penipuan biasanya akan menonaktifkan kolom komentar untuk menghindari adanya testimoni buruk dari mantan konsumen yang sudah tertipu.
1. Lihat profilenya,  kapan penipu mulai aktif di FB
2. Lihat status2nya. Penipu biasanya buat status alay or bombastis
3. Cek pertemanan, setiap orang pasti punya teman dr TK, SD, SMP,  SMA, dll tetangga dll. Jika yg koment di statusnya tidak ada yg kenal or cuma 1-2-3. Bisa dipastikan (kemungkinan besar) akun2 ndak jelas or penipu.
4. Selalu cek & ricek alamatnya rumah, bisa pake googlemaps.
5. Terakhir, Kalau anda bisnis takut ketipu,  jangan bisnis, tanpa bisnis pun anda pernah ditipu kan., baik ma saudara sendiri,  tetangga,  teman,  rekan kantor, apalagi mo bisnis online.
6. Waspada,.. Waspada waspada..  Penipuan terjafi karena kita tifak waspada dan mau ditipu. 😅😅😅

Cara melaporkan online shop penipuan Jika Anda sudah pernah tertipu olshop, sebaiknya segera lakukan pelaporan agar oknum pemilik olshop tak lagi bisa menipu banyak konsumen. , Selasa (10/08/2021), Anda bisa melaporkan olshop penipuan ke kantor polisi. Datang ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan laporkan penipuan yang ada dengan membawa bukti percakapan dan bukti transfer dana. Selepas melapor ke kepolisian, laporkan pula rekening pemilik online shop ke situs cekrekening.id. Masukkan nama bank, nomor rekening dan nama pemilik rekening. Pilih kategori penipuan dan tulis kronologi penipuan yang terjadi.  Jika online shop yang ada terdapat pada Instagram, maka Anda bisa melaporkan akun yang ada agar akun tersebut dinonaktifkan oleh server Instagram. Caranya, cari unggahan dari olshop yang akan dilaporkan dan klik titik tiga di pojok kanan unggahan. Pilih “Report” atau “Laporkan”, dan pilih alasan Anda melaporkan unggahan tersebut. Cara terakhir, laporkan pula olshop tersebut ke Lapor.go.id. Tulis biodata Anda secara lengkap dan kronologi penipuan yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.