Halo sahabat Honorer dan para peserta calon ASN, setelah pengumuman hasil seleksi berkas apakah kalian semua sudah siap untuk menghadapi ujian tes mendatang? Berdoa dan berserah kepada Tuhan Yang Maha Esa itu pasti akan tetapi usaha yang paling terdepan. Kali ini Mimin akan membantu Sobat semua untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian tes PPPK tahun ini. 

Hal pertama yang sangat penting sebelum Sobat semua berperang dalam ujian tes PPPK adalah tentang kesehatan, dimasa pandemi ini riski yang paling berharga adalah kesehatan. Beberapa tips dari Mimin nih, sebelum terfokus kedalam topik pembahasan tentang Latihan Soal dan Simulasi Ujian PPPK Biar tidak Panik yuk disimak bagaimana cara agar kita tetap sehat bugar tentu jasmani maupun rohani,

Baca Juga Gratis Modul Pembelajaran Bagi PPPK Guru Kemendikbud

Pertama, kita mulai dari hati dan pikiran. Jangan panik meski kondisi dunia kita sedang kacau, tetap tenang walau akan menghadapi ujian PPPK. Harus berfikir positif, menikmati musik/lagu-lagu religi, inspiratif, lagu-lagu kebangsaan juga akan membangkitkan rasa sadar diri, keiklhasan dan motivasi yang besar. Hindari melihat film sinetron, membaca novel yang bikin sedih, lakukan kegiatan positif seperti membaca bacaan religius, komik lucu, mendengarkan pengajian dll.

Kedua, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Yaps benar sekali, atur gaya hidup Sobat sekarang dengan berolahraga yang cukup, makan dengan asupan gizi yang simbang, istirahat yang cukup. Batasi kerumunan dan bepergian yang tidak penting, patuhi protokol kesehatan. Semoga kita tetap dalam lindungan Allah SWT dan pandemi ini segera berlalu. Amin.

Oke Sobat, langsung saja kita langsung ke pembahasan Latihan Soal dan Simulasi Ujian PPPK . Yuk kita simak,

Berbagai persiapan jelang seleksi PPPK 2021 untuk guru dan non guru terus berlanjut. Peserta juga terus mempersiapan diri dengan mengerjakan berbagai tipe soal ujian.

Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) 4/2019, seleksi PPPK terdiri atas tiga tahap. Ketiganya adalah seleksi administrasi, kompetensi, dan wawancara.

Peserta diberi 100 soal yang harus dijawab. Sebanyak 90 soal adalah kompetensi teknis, manajerial, dan sosio kultural. Untuk 10 soal lainnya adalah wawancara berbasis komputer.

Latihan Soal dan Simulasi Ujian PPPK 

Berikut ini beberapa sumber yang dapat dijadikan referensi dan sumber pembelajaran.

Baca Juga: Punya Usaha OlShop Bisa Dapat BLT UMKM Rp.1,2 Juta - Cek Disini

1. Paket Belajar Latihan Soal dan Pembahasan PPPK 2021

Paket latihan Soal dan Pembahasan PPPK 2021 sebagai sarana latihan atau ujicoba/try out terdiri dari banyak paket soal rekan rekan semua dalam mengikut seleksi PPPK. Pada seleksi kompetensi PPPK menggunakan CAT, setiap peserta bakal diberi waktu 100 menit untuk mengerjakan tiga tes yaitu 40 soal Kompetensi Teknis, 40 soal kompetensi manajeril dan 10 soal soal kompetensi sosio kultural. Sedangkan tes wawancara berbasis komputer hanya akan diberi waktu 20 menit untuk menyelesaikan 10 soal. Untuk selengkapnya silahkan klik disini untuk download Contoh Soal PPPK dan Pembahasan

2. Link Contoh dan Kisi-Kisi Soal PPPK 2021

Berikut ini adalah contoh dan kisi-kisi soal kompetensi teknis untuk ujian PPPK 2021. 

Integritas & Sosiokultural
Pertanyaan tentang kemampuan integritas dan sosiokultural berkaitan dengan pendidikan kewarganegaraan dan kesenian, seperti: Pembangunan sosial. Ketertiban sosial. Kebudayaan nasional indonesia. Budaya lokal. Konflik antar suku. Unsur kebudayaan. Pertanyaan yang berkaitan dengan kualitas diri. 

Manajerial
Pertanyaan tentang kemampuan manajerial di antaranya adalah sebagai berikut: Pertanyaan tentang fungsi dan tujuan manajemen. Kemampuan memanajemen waktu. Kepemimpinan. Target dan Pemasaran produk. Psikologi keorganisasian.

Kompetensi Teknis
Pertanyaan tentang kemampuan kompetensi teknis di antaranya mencakup tentang pengetahuan calon guru terkait sistem ajar kepada siswa dan bagaimana penilaian yang harusnya guru berikan kepada kinerja siswanya.

Tes Bakat Skolastik (TBS)
Pertanyaan tentang kemampuan bakat skolastik di antaranya berkaitan dengan logika dan kecepatan berpikir. Berikut ini rincian masing-masing sub tes TBS: Subtes Verbal : mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan logika verbal untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan masalah kata/bahasa, mencakup sinonim, antonim, analogi dan wacana. Subtes Kuantitatif: mengukur kemampuan matematis sederhana, memahami konsep matematika dan menggunakan logika angka untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan angka, yaitu deretan angka, aritmatika dan aljabar, dan geometri. Subtes Penalaran: Mengukur kemampuan untuk memilih dan mengorganisasi informasi yang relevan untuk menyelesaikan masalah, seperi logis, diagram dan analitis. 

Tes Pedagogik Umum
Tes kompetensi ini terdiri dari perencanaan pembelajaran. Yang mana, terdapat sejumlah soal tentang perumusan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan.

Soal Wawancara
Untuk wawancara, sejumlah soal pertanyaan yang akan ditanyakan di antaranya adalah: 
  • Pertanyaan tentang alasan dan motivasi mendaftar ASN PPPK.
  • Profesionalisme ASN.
  • Pendapat tentang guru profesional.
  • Pendapat tentang perbedaan pengajar dan pendidik.
  • Pertanyaan seputar Pancasila sebagai Dasar Negara.
  • Pertanyaan seputar kewarganegaraan dan pancasila.
Meski demikian, tidak menutup kemungkinan akan ada pertanyaan-pertanyaan lain yang sekiranya bakal muncul di ujian PPPK 2021 mendatang. Selengkapnya, contoh soal PPPK 2021 dapat diunduh lewat link berikut ini: Download Contoh dan Kisi-Kisi Soal PPPK 2021

3. Latihan Soal Tryout PPPK 2021

Dalam persiapan tes PPPK 2021, latihan soal dalam bentuk simulasi dan tryout sangat penting untuk diikuti mengingat materi dari PPPK tidak sesulit CPNS sehingga akan banyak peluang untuk semua guru calon PPPK. Para guru pun tengah mengikuti persiapan yang disediakan dari pemerintah, yaitu berupa materi dan tryout pedagogik dan profesional per mapel.


Untuk melengkapi latihan soal yang disediakan dari pemerintah tersebut, sebaiknya calon peserta tes PPPK juga mengikuti tryout dan simulasi PPPK yang menyediakan semua jenis tes sebagaimana tes PPPK yang sebenarnya. Menurut juknis yang direncanakan untuk tes PPPK 2021 tes yang akan diberikan yaitu sebagai berikut :
  • Tes Kompetensi Teknis 50 soal
  • Tes Bakat Skolastik 40 soal
  • Tes Kompetensi Manajerial 30 soal
  • Tes Kompetensi Sosiokultural 20 soal
  • Tes Wawancara 10 soal
Untuk mengasah kemampuan kompetensi teknis, pemerintah telah memfasilitasi lewat aplikasi Guru Belajar. Sedangkan untuk mengasah secara keseluruhan para guru disarankan untuk mencari tempat belajar lainnya salah satunya di TesPPPK.com karena di TesPPPK.com semua jenis soal tersebut telah disediakan. Bahkan untuk tryout pun bisa diikuti setiap saat karena sistem pembagian soal tidak dengan paket soal tetapi dengan sistem random butir soal secara otomatis dari database soal. Dengan cara ini soal yang dimunculkan akan diacak setiap kali mengambil sesi tryout sehingga sangat memungkinkan untuk mengikuti tryout setiap saat. Untuk itu Sobat semua bisa kunjungi laman berikut ini: Latihan Soal Tryout PPPK 2021

Baca Juga Gratis Modul Pembelajaran Bagi     PPPK Guru Kemendikbud

Post a Comment

 
Top