Bagi yang masih main-main dengan sistem operasi, sebelum meng-install sistim operasi di komputer, baik itu PC maupun Laptop, sebaiknya kita test terlebih dahulu. Karena belum ada sistim operasinya maka kita menggunakan DOS Programs.
Hidupkan komputer, lalu masuk ke BIOS. Buka menu Boot, pada Boot Device Priority, tempatkan CD ROM pada posisi paling atas sedangkan HDD posisikan tepat di bawahnya. Kemudian insert Hiren's BootCD 13.0 ke dalam CD Drive, Jika belum memiliki anda dapat mendownloadnya terlebih dahulu, banyak sekali yang website yang menawarkan unduhan sebagai contohnya saya berikan disini:
untuk pc/laptop baru.. yang uefi only (tidak mendukung mode legacy) bisa pake hiren 64 HBCD_PE_x64
lalu Exit.
gudangsiki
Ketika command prompt tampil akan terlihat pada DOS Programs dua buah pilihan, yaitu Mini Windows XP dan Mini Linux. Pilih salah satu, misalnya Mini Windows XP, lalu Enter.
Tunggu sampai Desktop Mini Windows XP di tampilkan. Jika tampilannya baik, maka itu berarti komputer dalam keadaan normal dan sudah siap untuk di-install sistim operasinya.
Selain itu jika di HDD-nya ada files yang penting bisa diambil terlebih dahulu. Klik icon Computer di Desktop, cari lokasi HDD-nya, lalu ambil files-nya dengan external HDD.
Setelah itu Restart komputer, lalu masuk kembali ke BIOS dan keluarkan CD-nya. 
Untuk selanjutnya tinggal men-install sistim operasinya. Bisa menggunakan CD installer atau media yang lain.

Note untuk yang cara mudahnya :
daripada masuk ke dos dulu, hireen itu menyediakan mini windows nya yang bisa langsung akses ke system windows gan, atau sederhananya windows portable, kalau untuk keperluan pindah2 data sebrlum di inul bisa pake mini windowsnyađź‘Ś atau kalau mau cara yang lebih lama ya bisa juga pakai DOS dengan mengetik command cd nama folder, buat mengakses masuk-keluar dari masing2 folder yg mau di akses, dan command command yang memakan waktu untuk diketik2 lain nya
Ternyata dari installer Windows 7/8/10 sudah ada kok, fitur semacam Windows PE, atau Hirens boot CD.
Bisa untuk memindahkan file yang ada di C atau partisi lain ke flashdisk, hdd eksternal, hdd internal dll,.. asal semuanya sudah ditancapkan sebelum dinyalakan.

Salam gudangsiki

Post a Comment

 
Top