gudangsiki.com - Kali ini admin ingin berbagi pengalaman dengan anda sekalian, khususnya buat yang suka mesin virtual dalam hal ini adalah mesin virtualbox yang digunakan sebagai operating sistem atau untuk VHD UNBK.
Pada kebanyakan permasalahan hal ini terjadi pada posisi setelah kita menginstall virtual box versi 5.1.14 atau 5.2.11. Nah mungkin saja yang kita perlukan adalah windows atau sistem operasi yang berbasis 64 bit, padahal sistem operasi yang kita pakai saat ini adalah sistem operasi atau windows 64 bit, mengapa kok di mesin virtualnya munculnya hanya yang 32 bit saja ?
gudang siki
Untuk mengatasi permasalah tersebut setelah beberapa kali restart komputer tidak membantu akhirnya ketemu juga yaitu pada setting biosnya. Pada kebanyakan pabrikan ternyata setting bios ini juga beda-beda lo. Jadi pada intinya mesin komputer yang mendukung sistem operasi mesin virtual semuanya terdapat setingan untuk virtualisasi tetapi tempat dan nama settingnya setiap pabrikan berbeda, sebagai contoh yang ditunjukkan seperti pada gambar berikut ini :
1. Setingan BIOS Virtualisasi untuk pabrikan Hewlet Packard atau HP dan semua versinya.
64 bit

2. Setingan BIOS untuk Acer Virtualisasi technology
64 bit

3. Setingan BIOS untuk Mesin Virtual Toshiba
64 bit

dan untuk pabrikan atau merk komputer yang lainnya mohon maaf untuk gambarnya tidak dapat saya tampilkan satu per satu tetapi pada dasarnya dicari aja setinganya bagian virtual technology kemudian di Enable.
Kemudian save BIOSnya kemudian restart komputernya.
Jalankan virtualboxnya dan cek, pasti sudah ada windows 2012 64 bit untuk UNBK atau operasi sistem 64 untuk lainnya.

Salam Gudang Siki

Post a Comment

 
Top