Banyak teman yang mengeluhkan penurunan visitor di blog mereka. Termasuk blog ini juga sebenarnya yang saat ini juga masih proses optimasi sedikit demi sedikit, Ini sekedar sedikit tips sederhana yang mungkin dapat membantu sesama blogger.
Setelah cari sana cari sini akhirnya ketemu juga solusi yang mungkin dapat membantu blog ini juga blog anda khusunya yang masih newbie, berikut yang perlu dicatat hal-hal seperti ini:

cara menaikkan trafik blog dengan mencari niche tepat, google plus dan back link
1. Jangan bersaing dengan blog yang sudah mapan dengan niche tertentu. Katakanlah misalnya gudangsiki.com mencoba menembak kata kunci terkait sekolah, ya paling ketika ramai-ramainya pembicaraan saja. Dalam kondisi normal, ya nggak mungkin mengalahkan hasil pencariannya di google untuk kata kunci terkait hal itu dengan blog-nya guruku (dapodik).
Bikin atau cari niche tersendiri. Untuk gudangsiki misalnya, saya cenderung konsen ke tip dapodik, sekolah dan informasi umum pendidikan.
-Atau misalnya ada blogger yang mau konsen nulis niche burung atau suara burung misalnya, ya akan ketilep oleh blog omkicau. Ini sekadar contoh.
- Risiko mengekor blog lain yang sudah mapan dalam menentukan kata kunci atau topik, mungkin akan mendapat trafik dari mesin pencari, tetapi lama-lama pengunjung akan mengecap blog itu hanya mengekor popularitas blog lain. Dalam jangka menengah, 1-2 bulan saja, blog ini dipastikan akan turun trafiknya secara permanen (jika tidak mencoba mencari niche unik tersendiri).

2. Sekali lagi cobalah bermain sosmed G+. Ini alat sedang dimanja Google. Dia akan mengalahkan sosmed lain dalam mendulang trafik.

3. Carilah trafik permanen dari blog-blog kuat dan atau blog dummy tetapi bukan sembarang dummy. Meski dummy, harus diisi konten secara tetap dan diarahkan ke blog utama kita. Blog-blog dumy atau pemberi backlink/trafik langsung untuk blog gudangsiki misalnya, adalah beberapa blog yang saya tutup warna merah di statistik ini.

Sementara itu dulu tips blog yang memerlukan trafik banyak. Kalau blog untuk happy-happy seperti blog Nyonya , kayaknya sih enggak mikir banget soal trafik. Dia ngeblog untuk happy2 saja, bukan untuk mencari penghasilan tambahan atau kadang juga untuk narsis.
Sekian dulu, Salam Gudang Siki

Post a Comment

 
Top