Kawan operator dapodik seluruh Indonesia, tentu menjengkelkan saat melakukan entri data cukup banyak di Dapodik dan belum sempat synch tiba-tiba saat mau buka Dapodik muncul pesan "We are sorry, but something went terribly wrong". Jika muncul pesan tersebut terindikasi services DapodikDB status tidak Started, dan sudah dicoba berulang kali di Start services tersebut tetap tidak mau running/aktif. 

Kalau kasusnya seperti itu maka yang harus dikerjakan biar data yang sudah terentri tidak hilang, lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1) Stop services DapodikWebSrv dan juga DapodikDB (tekan tombol Win+R dan ketik services.msc lalu klik pada services tersebut dan klik Stop)

2) Buka Window Explorer dan rename folder Dapodik menjadi Dapodik_ori di folder Program Files (x86)
3) Jalankan Regedit (tekan tombol Win+R ketik regedit) lalu masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\DitjenDikdasmen\Dapodik dan hapus key folder Dapodik.
4) Install Dapodik 2017 dan berturut-turut Updater sampai versi terakhir. Setelah selesai buka browser dan hapus history browsernya lalu buka di addressbar: localhost:5774
5) Jika sudah berhasil dibuka dapodiknya, tutup kembali browser dan Stop services DapodikDB dan DapodikWebSrv
6) Gunakan window explorer untuk mengcopy subfolder database dan dataweb dari folder Dapodik_ori ke folder Dapodik (Replace All). Jika sudah selesai mengcopy lakukan restart windows. Insya Allah, sudah bisa login kembali di Dapodik dengan data yang masih utuh sesuai sebelum error.

Semoga dapat membantu, Salam Gudang Siki, Salam Satu Data

Post a Comment

 
Top