Wednesday, May 10, 2017

File Explorer terbaru Berbasis UWP di Windows 10 Creators Update

Temen2 udah pada tahu belum kalo di Windows 10 ada File Explorer baru yang tersembunyi? Silakan dicoba sendiri dan bandingkan dengan File Explorer "klasik" pada saat ini.
Tidak banyak yang tahu bahwa ada File Explorer UWP didalam Windows 10 Creators Update. Sebenarnya File Explorer baru ini sudah ada sejak awal Oktober 2016 lalu di Windows 10 insider build 14936. Tetapi sampai dirilisnya Windows 10 Creators Update Final, ternyata File Explorer UWP ini tetap disertakan dan masih tersembunyi sampai sekarang.
Entah apakah File Explorer UWP ini nantinya bakal menggantikan File Explorer versi desktop (sama seperti berbagai elemen desktop bawaan Windows yang sedikit demi sedikit juga sudah dikonversi ke UWP), tetapi yang pasti sampai saat ini File Explorer UWP masih jauh dari kata layak.
Fiturnya masih sangat basic dan terbatas. Selain itu masih banyak bugs dan sering mengalami crash ataupun force close. Melihat kondisi tersebut saya meyakini bahwa di update mayor Redstone 3 nanti, File Explorer UWP masih akan tetap tersembunyi dan belum siap menggantikan File Explorer versi desktop.
Bagi kamu yang ingin memunculkan File Explorer UWP ini dan mencobanya sendiri, caranya sangat mudah. Cukup klik kanan desktop > New > Shortcut
Pada kolom target silakan isikan explorer shell:AppsFolder\c5e2524a-ea46-4f67-841f-6a9465d9d515_cw5n1h2txyewy!App
Next > beri nama shortcut > Finish
Kini jalankan saja shortcut tersebut dan kamu bisa menjajal sendiri File Explorer UWP ini.

Bagaimana, sudah mencoba? Bagikan pendapat kamu tentang calon File Explorer baru di Windows 10 tersebut dikolom komentar,
Semoga dapat membantu, Salam Gudang Siki

File Explorer terbaru Berbasis UWP di Windows 10 Creators Update Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Gudang Siki

0 komentar:

Post a Comment