Wednesday, December 21, 2016

Tips Bagaimana Cara Mengendalikan Stres Anda

Apakah anda kerap merasa stres (stress)? Cobalah cara pendekatan yang berbeda agar andalah yang memegang kendali terhadap stres tersebut dan bukan anda yang dikendalikan oleh stres. Stres kerap melanda dalam kehidupan, terlebih di saat seperti ini, dimana kesibukan baik pada pekerjaan maupun keluarga, seolah tak ada putusnya.Tentunya, secara teoritis anda tahu bahwa sangatlah penting untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat seperti cukup istirahat, berolahraga yang teratur serta menjaga kadar gizi pada asupan makanan agar stres tersebut minimal dampaknya terhadap kebugaran tubuh dan pikiran anda.

Akan tetapi, bahkan memikirkan untuk memulai hal-hal teresebut saja sudah membuat anda stres. Jika anda mulai merasa bahwa stres tersebut mulai menguasai kehidupan anda, maka inilah saat yang tepat untuk menjalankan strategi agar andalah yang mengendalikan stres tersebut dan bukan anda yang dikendalikan oleh stres. Beberapa tips yang bisa dicoba :
 
Ingatlah bahwa sedikit stres justru baik bagi anda
Dengan adanya stres, maka anda akan memiliki rangsangan untuk melakukan sesuatu dan anda bisa menjadikan stres sebagai alat pendorong anda untuk lebih berkembang dan maju. Hal inilah yang disebut dengan stres yang positif.
 
Umpamakan stres sebagai lampu
Seperti halnya lampu, stres pun juga bisa anda kendalikan seperti menyalakannya dan juga mematikannya. Jika lampu terus anda biarkan hidup maka lama-lama akan meledak, begitu juga dengan stres jika tidak pernah mematikannya. Sedikit stres memang baik, tetapi anda pun juga perlu tahu kapan harus anda matikan.
Kapan stres itu mulai dimatikan? Jawabanya ketika stres itu telah menyiksa diri anda. Sehingga anda mulai untuk menganiaya diri sendiri, seperti minum alkohol, meminum obat penenang, obat tidur, merokok, dan lain-lain. Maka mulailah untuk mematikannya.
 
Terima kenyataan bahwa stres adalah bagian dari hidup
Selama anda hidup, stres tidak akan pernah bisa anda hindari 100%. Terimalah bahwa dalam hidup anda selalu akan muncul yang namanya stres. Tidak anda seorangpun yang bisa secara total menghindari stres. Jika anda berpikir ingin hidup tanpa stres, maka hal itu adalah mimpi bagi anda.
Lain halnya jika anda menerima stres sebagai bagian hidup anda. Secara mental dan fisik, anda akan lebih siap menghadapi stres. Karena stres memang merupakan bagian dari hidup dan selalu akan ada.
 
Persiapkan diri anda untuk menghadapi berbagai berntuk stres setiap hari
Persiapan yang baik adalah anda selalu mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan segala situasi. Stres bisa muncul ketika anda berada di kemacetan lalu lintas maupun antrian panjang di supermarket. Maka biasakan dan adaptasikan diri anda pada situasi tersebut, bisa dengan cara berangkat ke kantor lebih pagi, mendengarkan musik, membaca koran atau majalah.
 
Hidupkan pengharapan dalam hati
Harapan dapat mengurangi dampak stres yang muncul. Dimana dengan harapan anda akan merasa andanya jalan keluar dari stres. Oleh karena itu, janganlah anda menghilangkan harapan anda. Lalu bagaiman cara memunculkan harapan?
Harapan akan muncul ketika anda sudah melakukan tindakan positif. Misalnya, ketika anda merasa stres dengan beban keuangan anda, maka tindakan aktif adalah mulai untuk membuat daftar apa saja yang harus anda lakukan, siapa saja yang bisa membantu anda, dan buatlah berbagai pilihan yang ada. Dengan melakukan hal ini maka anda akan melihat bahwa masih ada harapan untuk keluar dari stres.
 
Lakukan aktifitas baru
Sesuatu yang baru dan menarik bagi anda akan terasa lebih menyenangkan. Dengan melakukan hal itu, anda akan terasa lebih cerah. Cobalah ingat hobi anda yang mungkin bisa anda lakukan ataupun bisa dengan mencoba sesuatu hal yang baru sama sekali, sehingga anda tertantang untuk menguasainya. Ini bisa anda gunakan untuk mengusir stres yang anda rasakan.
 
Semoga membantu, Salam Gudang Siki

Tips Bagaimana Cara Mengendalikan Stres Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Gudang Siki

0 komentar:

Post a Comment