Tuesday, August 9, 2016

Seputar Pengisian Program Indonesia Pintar (PIP) di Aplikasi DAPODIKDASMEN 2016

Salam hangat buat rekan-rekan operator sekolah seluruh Indonesia. Kali ini admin ingin share Seputar Pengisian Program Indonesia Pintar (PIP) di Aplikasi DAPODIKDASMEN 2016, yang secara garis besar sesuai dengan informasi rekan-rekan forum operator Indonesia, mungkin dari rekan-rekan sekalian ada yang belum mengetahui informasi tersebut, maka secara rinci sebagai berikut  :
  1. Jika siswa mendapatkan kiriman kartu KIP, apa yang harus dilakukan? Inputkan nomor kartu KIP didalam aplikasi Dapodik lalu sinkronkan ke server. Direktorat Pembinaan SD/SMP/SMA/SMK akan melakukan verifikasi dan menerbitkan SK kepada siswa yang menerima selanjutnya pihak bank yang ditunjuk akan melakukan pencairandana PIP sesuai dengan SK yang diterbitkan.
  2. Di aplikasi Dapodik mendapat kiriman nomor KIP secara otomatis dari server pusat, sedangkan no. KIP tersebut berbeda dengan kertu yang diterima. Apa yg harus dilakukan? Ganti isian nomor KIP di aplikasi dapodik dari pusat dengan nomor KIP sesuai dengan kartu yang diterima.
  3. Jika nama yang tertera di KIP berbeda dengan nama yang sebenarnya, apa yang harus dilakukan? Isi di kolom isian "nama yang tertera di kartu" di tabel peserta didik
  4. Semula isian nomor KIP bergabung dengan isian di kolom KPS/PKH/KKS. Apa yang harus dilakukan? Secara sistem nomor KIP yang bergabung di kolom KPS/PKH/KKS akan dimigrasikan secara otomatis ke kolom nomor KIP, namun jika masih ditemukan belum berpindah maka pindahkan nomor isian tersebut ke kolom nomor KIP.
  5. Jika siswa mendapat kiriman kartu KIP namun menolak dengan alasan tertentu, apa yang harus dilakukan? Isi alasan menolak KIP di aplikasi Dapodik pada tabel peserta didik dengan memilih alasannya (menolak, sudah mampu, dilarang pemda karena mendapat bantuan serupa).
  6. Jika ada anak miskin tidak memiliki kartu KIP/PKH/KKS/KPS namun ingin diusulkan mendapat bantuan dana PIP, apa yang harus dilakukan? Isi kolom layak PIP sesuai dengan kriterianya di aplikasi Dapodik.
  7. Untuk memeriksa hasil inputan terkait PIP, apa yang harus dilakukan? Manfaatkan fasilitas export yang tersedia di tabel peserta didik. Periksa kembali isian nomor KIP dan kelayakan PIP.

Selamat Bekerja, Salam Satu Data
Sumber : TEAM DAPODIKDASMEN 2016

Seputar Pengisian Program Indonesia Pintar (PIP) di Aplikasi DAPODIKDASMEN 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Gudang Siki

0 komentar:

Post a Comment