Monday, November 2, 2015

distro linux yang cepat ringan dan sesuai untuk netbook dan komputer lama / old computer


Pada dasarnya memiliki komputer dengan spesifikasi rendah seperti netbook atau semacamnya memiliki tantangan tersendiri. Hal ini disebabkan berbagai sistem operasi terbaru sampai saat ini 2015 mengharuskan untuk dijalankan dimesin dengan spesifikasi tinggi minimal saja prosessor minimal berkecepatan 1,6 GHz atau memori 1 GB keatas. Nah, bagaimana untuk yang saat ini masih menggunakan old computer tersebut ? 
Kita semua tahu bahwa jika sampai saat ini menggunakan microsoft windows XP adalah pilihan bagi yang memiliki komputer spesifikasi rendah tetapi dibalik itu semua bahwa support dari microsoft telah dihentikan pada bulan maret tahun 2014, terkecuali bagi teknisi tertentu yang mengharuskan untuk menggunakan windows XP karena berbagai faktor mungkin karena aplikasinya hanya berjalan diwindows XP jadi mau tak mau harus memakai windows XP, tetapi dengan cara ini pengguna harus selalu mengupdate beragam firewall dan antivirus atau semacamnya.
Nah pilihan yang berikutnya adalah menggunakan operating sistem selain windows yaitu linux, atau yang dikenal dengan istilah Distro Linux (singkatan dari distribusi Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux. Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial seperti Red Hat Enterprise, SuSE, dan lain-lain. nah operating sistem ini memiliki kelebihan diantaranya yang pertama free, artinya gratis atau dapat disebarluaskan tanpa berbayar untuk membeli lisensinya, yang kedua opensource artinya terbuka, jadi kita bebas merubah / mengopreknya bahkan didalamnya sudah ada software untuk membuat distro sesuai dengan keinginan kita.Nah, berikut distro yang pernah admin pakai buat komputer dengan spesifikasi rendah  :

Disini sudah admin test di : Netbook (Acer AOD 257, Elevo ATM2010, HP Mini, Toshiba NB150), Notebook (Lenovo G400, Toshiba C640, Acer Aspire 2930, Dell Inspiron typenya lupa) Dekstop P II MMX, III, IV aman terkendali tidak ada masalah (maaf komputernya banyak nanti dikirain itu milik saya, kebetulan itu semua admin test karena teman yang suruh install-kan)

1. Ubuntu Lucid Link 10.04


Nah yang satu ini adalah pilihan pertama buat admin, karena saat ini sampai admin posting tentang artikel ini memakai ubuntu LTS 10.04, meskipun saat ini support dari Canonical sudah dihentikan, tetapi software-center ubuntu masih menyediakan update  serta dari berbagai macam komunitas menyediakan supportnya. Ubuntu merupakan turunan linux Debian yang sangat mudah dalam pengoperasiannya karena hampir semua sistem berdasar atas GUI atau mirip dengan microsoft windows yang mudah dan tampilan menarik. Admin memakai ubuntu 10.04 dikarenakan mesin admin yang lumayan rendah yaitu netbook dengan intel atom prossesor, serta spesifikasi main board yang lumayan rendah. Berikut spesifikasi minimum dari ubuntu LTS 10.04 sesuai dengan websitenya :

  1. 700 MHz processor (about Intel Celeron or better)
  2. 512 MiB RAM (system memory)
  3. 5 GB of hard-drive space (or USB stick, memory card or external drive but see LiveCD for an alternative approach)
  4. VGA capable of 1024x768 screen resolution
  5. Either a CD/DVD drive or a USB port for the installer media
  6. Internet access is helpful
    Untuk mencoba Linux Ubuntu 10.04 lucid linx silahkan download klik disini :

2. Linux Puppy



Puppy Linux adalah salah satu distro Linux Live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan. Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM,
yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi Mozilla SeaMonkey untuk menejelajah internet dan mengirim email, AbiWord word-processor, Gnumeric spreadsheet, Sodipodi untuk menggambar (vector),mtPaint untuk melukis (bitmap) / meng-edit foto dan Gxine/xine untuk memutar video dan musik. Distro linux ini dikembangkan pertama kali oleh Barry Kauler, distribusi ini tidak berdasar pada distribusi linux manapun. berhasil dijalankan. Puppy menyertakan beberapa aplikasi untuk pekerjaan standar sehari-hari seperti 
sumber berinternet. Pada saat artikel ini di tulis rilis puppy linux terakhir adalah versi 5.2.8 lucid dengan code name Finlandia.
Puppy yang memang di desain untuk kemudahan user memudahkan untuk menginstal aplikasi-aplikasi dalam bentuk paket dengan type file .pet yang dapat dengan mudah
File-file type pet versi puppy lucid dapat di download di sini
Dengan ukuran file  iso puppy sekitar 130MB aplikasi-aplikasi yang terpasang sudah lebih dari cukup kalau menurut saya.
Komputer yang saya pakai   (pentium IV 2.4GHz dengan memory 512MB) dapat ngebut menjalankan aplikasi GIMP (semacam photoshop dalam OS windows) padahal saat menjalankan aplikasi photoshop terasa sangat berat sekali.

Booting live cd puppy dari ISO di Hardisk internal

Buat juragan  yang pengen dual boot Puppy sama distro utama juragan-juragan dalah hal ini saya pake distro ubuntu 10.4 , tanpa harus install Puppy ke HD, tanpa harus menggunakan cdrom ataupun flashdisk dengan memanfaatkan file ISO yang sudah ada di HD.


Bagi yang ingin mendownload versi terbaru puppy bisa main-main ke sini 
Bagi yang ingin mendownload versi 5.2.8 lucid disini


distro linux yang cepat ringan dan sesuai untuk netbook dan komputer lama / old computer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Gudang Siki

2 komentar:

  1. Replies
    1. Oke @modif kontainer silahkan disimak.terima kasih sudah berkunjung

      Delete