Thursday, October 29, 2015

Step by step Proses flashing Advan Vandroid E1-B dengan SP FlashTool dites oleh +GudangSiki

Setelah pada posting sebelumnya Cara flashing Advan Vandroid E1-B dengan SP FlashTool v.3 salah satu solusi dari Monkey test Virus atau link download  telah didownload semuanya, yang saya katakan lumayan lama buat download karena melalui beberapa proses buat dapatkan link downloadnya dan disini saya menggunakan shorten url uou.io yang harus memverifikasi untuk mendapatkan get linknya.
Oke langsung saja, setelah semuanya didownload. Oh ya satu lagi, yaitu tentang perangkat Advan E1-B ini coba dicek kembali jika di Setting pilih About Phone, disana terdapat Android Version yang sebelum dioprek atau masih standart yaitu Versi 4.0.4 atau ICS (Ice Cream Sandwich, kemudian ke bawah Build number sebagi contoh disana tertulis G601L_ZX_B1_Advan_V1.0_S20130205 dan sesuai pengalaman saya pada saat flashing ternyata apabila sebenarnya Firmware versi dari pabrik adalah versi 1.1 misalnya, maka untuk memperkecil kemungkinan kegagalan adalah dengan cara mendowgradenya ke versi 1.0 misalnya. Dalam banyak kasus hal ini belum ditemukan masalahnya selama yang diflashing kondisi perangkat hardwarenya baik- baik saja. Tetapi ingat ya, untuk Jenis Firmware tetap harus sama G601L ZX B1 Advan kemudian yang paling belakang S20130205 adalah tanggal pembuatan Firmware tersebut dan ini berari pembuatannya tanggal 05 Pebruari 2013.
Nah bagaimana jika hpnya dalam keadaan mati total (matot) kan kita tidak tahu disettingnya,  jadi versi / jenis - susah dapatnya. Nah coba Advannya dibalik dulu dicover belakang pasti terdapat Model : E1-B Buid No. V601-I.C.S 4.0.0 nah jelaskan ada tulisan V601 artinya ROM-nya pasti G601L dengan versi 1.1 Nah kebetulan saya dipostingan sebelumnya memiliki ROM dengan versi 1.0 artinya untuk flashingnya saya downgrade.
Langsung saja ke step flashingnya :
  • Setelah didownload extract dulu file ketiganya bisa menggunakan winrar atau aplikasi kompress file lainnya yang kompatibel. Untuk memudahkan tempatkan dalam satu folder semisal Flash Advan E1b file-file tersebut, sehingga dalam 1 folder ini terdapat 3 folder yaitu G601L_ZX_B1_Advan_V1.0_S20130205, MT6577 USB VCOM drivers dan SP Flash Tool v3.1224.01.
  •  Yang pertama masuk dulu ke folder MT6577 USB VCOM drivers, mengapa saya sarankan memakai yang driver ini, karena Advan E1B memakai chip mediatek MT6577 dan aplikasi ini bersifat installer jadi tidak ribet. Kemudian klik InstallDriver.exe untuk platform 32bit dan installdrv64.exe untuk platform 64bit dan AMD.
  •  Jalankan Aplikasi flash dengan cara buka folder SP Flash Tool v3.1224.01 pilih Flash_tool.exe berikut screenshotnya
  • Kemudian pilih Scatter-loading kemudian akan muncul dialog untuk mencari folder firmware G601L_ZX_B1_Advan_V1.0_S20130205 yang sudah diextract.
  • Kemudian pilih MT6577_Android_scatter_emmc.txt
  • Hilangkan centang pada PRELOADER dan DSP_BL karena apabila firmware tidak sesuai maka Androidnya akan mengalami bootlop dan untuk mengatasi dan mencari solusinya akan membutuhkan sistem yang sangat rumit, kecuali apabila sudah yakin dengan firmware yang digunakan sudah sesuai dengan perangkatnya.

  • Kemudian klik download setelah itu akan muncul dialog tekan Yes saja
  • Setelah itu ambil Android advannya jika posisi hidup matikan dahulu, buka cover belakang, oh ya jangan lupa untuk mengobeng bautnya dulu posisinya dekat SIM card dengan obeng khusus Handphone sebanyak 2 buah kemudian lepas cover belakang dengan hati-hati (jangan dicongkel dengan obeng tapi dengan cara covernya didorong dengan tangan) dan hati-hati juga dengan antena TVnya jangan sampai ikut terlepas juga. Nah disini kuncinya karena menggunakan Smart Phone Flash Tool ini akan Full Spped jika proses DA DL atau upgradenya tanpa menggunakan batrei. Dan karena batrei Advan E1-B sangat besar dan tersolder ke mainbord, jadi saya sarankan buat lepas kabel yang (+) saja. Awas hati-hati melepasnya / menyoldernya nanti sampai terkena ke perangkat lainnya.
  • Setelah perangkat benar-benar mati dan baterai sudah terlepas maka selanjutnya pasangkan dulu kabel USBnya ke perangkat, pastikan kabel USB benar-benar bisa, kebanyakan kasus kabel usbnya sudah bermasalah / rusak tetap dipakai akhirnya kelabakan kesana-kemari tanya, googling dan ada yang sampai putus asa. Dsini saya rekomendasikan untuk menggunakan kabel USB miliknya samsung dengan kode UM ECB-DU28BE ini kabel asli bawaan samsung galaxy fame, tapi menggunakan USB lainnya asalkan sudah dicek baiknya tidak masalah. Oh ya sampai lupa disini saya tidak merekomendasikan untuk kabel USB yang berlampu LED karena saya pernah mencoba flashing dengan kabel ini gagal total karena daya output 5voltnya dihabiskan oleh LED yang warna warni dan berkedip-kedip (saat ini ngetrend USB ini bersamaan dengan power banknya).
  • Setelah kabel terkoneksi ke komputer/laptop maka diaplikasi akan menjukkan proses berjalan dengan progress warna merah kemudian warna kuning dan dipanel bawah EMMC Advan E1-b(29GB+4096) telah dikenali dan proses tunggu sampai selesai dan terdapat dialog bulatan warna hijau dengan tulisan Download OK. Mohon maaf untuk gambar berikut / screenshotnya saya menggunakan samsung, karena pada saat saya flashing advan belum sempat data screen capture.
  • Setelah proses selesai close Aplikasi Flasnya cabut kabel USB dari Komputer dan pasang kembali batrei dan cek apakan sudah OK, kalau sudah oke tinggal pasang kembali cover
  • Dan akhirnya bereslah sudah...

Berikut ini link tutorial Flashing dari gudangsiki :
  1. Samsung Galaxy Ace GT S5830i 
  2. Samsung Galaxy Fame GT S6810i 
  3. Samsung Corby GT S3850 
  4. Advan Vandroid E1-B 



Step by step Proses flashing Advan Vandroid E1-B dengan SP FlashTool dites oleh +GudangSiki Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Gudang Siki

3 komentar:

  1. mohon diperhatikan bahwa untuk sebagian advan, tidak perlu lepas baterai, cukup dimatikan saja androidnya

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. masih gagalnya ada dimana gan, biasanya kabel usbnya atau socket usbnya juga bisa menjadi pertimbangan. mohon dijelaskan tingkat gagalnya dimana gan

      Delete