Sunday, October 18, 2015

cara memindahkan - migrasi file google drive antar akun google

Google telah memberikan berbagai fasilitas kepada semua user didunia ini melalui sebuah akun email google yaitu gmail. Pada saat kita memerlukan storange online untuk kebutuhan penyimpanan online dan sharing data kepada teman-teman setelah kita memiliki sebuah akun email, kita dapat terhubung dengan fasilitas penyimpanan google yang disebut dengan google drive.
Kemudian kita dapat mengupload file kita di google drive sampai pada batas 15GB pada akun yang free. Ditengah perjalanan pada saat kita menggunakan akun email, saya contohkan ada permasalahan dengan akun email kita mungkin akun kita dipakai oleh saudara kita misalnya, bagaimana dengan file yang sudah kita upload tadi, misalnya filenya sangat penting dan bersifat rahasia / privasi ? Nah disini akan saya jelaskan step by step untuk migrasi kepemilikan file di google drive :

  1. Siapkan dulu akun email yang baru berdasarkan data diri anda.
  2. Log out dulu dari akun yang sudah dibuat tadi, kemudian masuk ke akun yang akan dipindah filenya, kemudian masuk di google drive.
  3. Setelah itu klik pada file / folder yang akan dipindahkan kepemilikannya, disini saya contohkan sebuah folder yang akan saya rubah kepemilikannya. Lalu klik kanan pilih bagikan
  4. Kemudian isi email yang akan dituju untuk menjadi kepemilikan dari file / folder di google drive, disini saya contohkan ke emailnya gudangsiki.
  5. Kemudian klik kirim, lalu klik kanan di file/folder tadi lalu klik kanan pilih bagikan lagi, kemudian dibagian bawah input email terdapat daftar email yang sudah dibagikan kemudian diklik dibagian emailnya (tanda warna merah) berikut gambarnya.
  6. Setelah itu akan muncul setelah berbagi seperti pada gambar berikut ini :
  7. Didalam form tersebut pasti akan terdapat dua akun email yang akan terlihat, seperti contoh diatas email yang atas adalah pemilik sedangkan yang bawah adalah user yang dapat mengedit, akan akun dapat menjadi adalah pemilik, caranya adalah klik properti dikanannya klik adalah pemilik, maka akun yang satunya secara otomatis akan menjadi user dengan properti dapat mengedit.
  8. Akan muncul laman dari google untuk meyakinkan pengguna untuk memindah tangankan file/folder di google drive, lalu klik Ya.
  9. Nah, sekarang file/folder akan berpindah dari akun yang ke akun yang lainnya, berikut screenshotnya
Anda sekarang dapat menghapus atau menetapkan email penggunanya, untuk menghapus akun yang lain dapat dilakukan dengan cara mengklik tanda silang disebelah kanan dari properti setiap akun

cara memindahkan - migrasi file google drive antar akun google Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Gudang Siki

9 komentar:

  1. halo, jika saya telah mengikuti step di atas, lalu akan menghapus data di akun sebelumnya, apakah akan hilang juga di akun yang baru? terima kasih

    ReplyDelete
  2. oke, jadi kalok mbak Andini putri memindahkan kepemilikan ke akun yang baru semuanya, secara otomatis semua datanya akan berpindah ke akun baru yang artinya diakun yang lama data yang dipindahkan akan hilang. Saran : jangan sampai mbak Andini putri menghapus data. . .

    ReplyDelete
  3. maksudnya mbak andini mungkin setelah di ganti nama file nya dari account yang lama "sudarmadi (pemilik)" ke account yang baru "gudang (pemilik)" apakah data dari account yang lama "sudarmadi (pemilik)" tersebut jika di hapus maka di account yang baru "gudang (pemilik)" juga hilang? karena dari sumbernya di hilangkan..

    ReplyDelete
  4. Saya sudah melakukan step diatas. Berhasil untuk mengganti owner folder. Tapi kalau mengubah kepemilikan sebuah file seperti docx, pdf,dll bagaimana ya? kenapa saat share link hanya muncul Can Edit, Can view, dan Can Comment ya? tidak ada is owner... Bisa tolong dibantu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terhormat @Rahma Yuniarka pada dasarnya sama untuk mengganti sebuah kepemilikan file, dan bahkan lebih mudah mbak ya, klik kanan file yang mau mbak ganti kepemilikan, pilih buat salinan/copy. trus hapus file lama, maka owner akan mengikut email yang aktif

      Delete
    2. Terimakasih atas jawaban dan sarannya :) Its Works!!

      Delete
    3. Oke sama-sama mbak @rahma yuniarka. Terima kasih sudah berkujung

      Delete
  5. Terima kasih, artikelnya bermanfaat :) akhirnya bisa memindahtangankan data juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Bpk/Ibu, semoga dapat membantu sesama. Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkunjung

      Delete