Monday, October 26, 2015

CARA MEMBUAT NOMOR HALAMAN DENGAN POSISI BERBEDA DI SATU FILE MICROSOFT WORD

Pada saat kita sedang memiliki tugas kuliah skripsi atau membuat suatu karya ilmiah untuk suatu pekerjaan tertentu maka kita pasti akan membuat suatu halaman sampul, daftar isi, bab, dan penutup. Sampai dengan saat ini untuk membuat suatu karya ilmiah pastilah penomoran halaman sudah menjadi suatu hal yang sangat penting. Nah bagaimana caranya jika dalam melakukan penomoran posisinya diatas dan dibawah serta dapat melakukan penomoran berkelanjutan secara otomatis. Ketika Anda membuka daftar isi, prakata, kata pengantar dan hal-hal yang berkaitan sebelum isi buku tersebut biasanya di beri nomor halaman dengan angka romawi , sedangkan di halaman isi buku tersebut, baru diberi nomor halaman dengan nomor biasa.
Tahu kah Anda dalam membuat nomor halaman yang berbeda seperti itu bisa dilakukan di Microsoft word yang masih dalam satu file atau satu document. Yang pada kesempatan kali ini akan saya share cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word.

Berikut ini tutorialnya :
  • Buka karya tulis yang sudah Anda susun disini saya sudah menganggap Anda sekalian sudah punya file word yang sudah siap di beri halaman dengan posisi dan tipe berbeda.
  • Tambahkan page number seperti biasa, dan atur nomor halaman menjadi model nomor romawi disini digunakan romawi yang biasanya untuk halaman depan yaitu dari cover, lembar pengesahan, kata pengantar dan daftar isi. Saya contohkan disini saya gunakan footer sebagai tempat buat penomoran halaman depan antara cover sampai dengan daftar isi, berikut ini screenshotnya :
    Kemudian saya memakai angka romawi sebagai tipe nomornya dengan cara klik Page Number lagi, kemudian klik Format Page Number kemudian pilih model angka dengan angka romawi.
    Kemudian klik OK.
  • Nah kemudian bagaimana caranya untuk format dan tipe angka untuk halaman berikutnya, disinilah hal terpentingnya yaitu melalui Breaks, masih sedikit bingung ya. . .  Sedikit informasi bahwa dengan melalui Break maka kita dapat menghentikan segala format sampai dengan halaman yang dituju baik format halaman tengah termasuk header dan footernya sekalian. Nah kemudian kita memasuki penomoran halaman berikutnya dengan cara double klik ditengah - tengah halaman klik Page Layout pilih Breaks pilih Next Page. Setelah dengan bantuan enter kebawah Anda sudah dapat memasuki formating halaman berikutnya.
    Untuk halaman berikutnya formatnya kembali ke tab header and footer kemudian pilih Page Number kemudian pilih Format Page Number lagi untuk menyesuaikan nomor halaman dan dapat disesuaikan dengan kondisi halaman sebelumnya misalnya halaman sebelumnya sampai dengan halaman 5 maka formating berikutnya pasti pada halaman 6 dan setelahnya dapat otomatis sampai Anda meng-Breaks untuk berubah formatingnya. berikut screenshotnya :
  • Untuk halaman berikutnya sampai dengan penutup cara sama seperti diatas yaitu dengan melalui Page Layout - Breaks


Semoga dapat membantu . . . dan terima kasih atas kunjungannya.

CARA MEMBUAT NOMOR HALAMAN DENGAN POSISI BERBEDA DI SATU FILE MICROSOFT WORD Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Gudang Siki

2 komentar:

  1. Terimakasih, saya banyak dpt pelajaran dari membaca postingan ini, salam kenal dari saya theresia admin blog Honorer

    ReplyDelete
  2. Oke sama2,salam kenal juga theresia. kami juga akan mengunjungi blog Anda (h)

    ReplyDelete